Senin, 08 Desember 2014

Seputar CIVIC WONDER



Berbagi Sedikit Informasi akan  sedikit bercerita tentang Honda Civic Wonder. Yup sedan yang menghiasi di garasi rumah keluarga, kebetulan yang saya pake civiv keluaran tahun 1986 akhir jadi saya sedikit mengerti seluk beluk kendaraan ini.

Informasi CIVIC WONDER

Seri ketiga dari varian Civic ini punya berbagai macam varian mulai dari jenis sedan, hatchback 3 pintu hingga yang 5 pintu (station wagon). Kapasitas mesinnya pun beragam mulai dari 1300 cc, 1500 cc hingga 1600 cc. Bahkan muncul pula 2 varian yang cukup canggih di zamannya yakni Civic Hatchback 5 pintu 4 WD & Civic CRX coupe yang sudah menggunakan injeksi PGM-FI… !!!

Lewat ATPM PT. Imora Motor (ketika itu sebelum PT. Honda Prospect Motor), Civic Wonder hadir di rentang tahun 1984 – 1987. Ada 2 varian yang ditawarkan yakni sedan (1500 cc) & hatchback 3 pintu (1300 cc) & semuanya bertransmisi manual. Berbeda dengan Civic generasi sebelumnya yang hadir dalam 2 pilihan manual & matik.

Civic Wonder belum menggunakan suspensi double wishbone khas Honda tapi masih menganut torsion bar springs alias batang torsi. Bagi penggemar modif aliran akrab dengan aspal (ceper) di saat itu untuk mengatur tinggi rendahnya mobil cukup dengan nyetel batang torsi…!!! Simpel… Bantingan suspensi cukup empuk, sayang setirnya masih steering with power alias belom ada power steering-nya.
Konsumsi bensin Civic Wonder jika mesin dalam keadaan sehat bisa mencapai 1 liter untuk menempuh 15 km. Cukup irit mengingat jumlah katupnya cuman 12 valve… Guna mengetahui perbedaan Civic Wonder buatan 1984 hingga 1987 paling mudah dikenali adalah lewat lampu belakang / bagasi & lampu sein samping.
  • Tahun 1984 di bagian tengah bagasi warnanya hitam & lampu sein samping di deket fender.
 
  • Tahun 1985 di bagian tengah bagasi warnanya merah & lampu sein samping di dekat fender. 


  • Tahun 1986 di bagian tengah bagasi warnanya hitam & lampu sein samping menyatu dengan lampu utama.

  • Tahun 1987 di bagian tengah bagasi warnanya merah & lampu sein samping menyatu dengan lampu utama. Selain itu varian terakhir sudah dibekali dengan power window.



Kelebihan dan Kekurangan

Honda Civic wonder saat ini masih dijual pada kisaran harga antara 25 juta sampai 45 juta tergantung kondisi dan tahun pembuatan, sementara untuk kelebihan dan kekurangannya jika mobil ini dilihat saat ini antara lain

Kelebihan Civic Wonder
  • Memiliki mesin yang tangguh: pada kondisi yang sehat mobil ini mampu berakselerasi cukup baik, masih bisa dipacu pada kecepatan tinggi, ringan untuk menanjak.
  • Suspensi yang relatif empuk, sebagai mobil sedan yang berkelas premium di jamannya mobil ini memiliki bantingan atau suspensi yang empuk sehingga masih nyaman dikendarai
  • Desain yang masih terlihat menarik, meskipun mobil ini termasuk mobil lawas akan tetapi desain eksterior mobil civic wongder sampai sekarang masih terlihat cukup menarik (tidak lekang oleh jaman)
  • Body mobil ini cukup kokoh jika dibandingkan mobil-mobil jaman sekarang yang biasanya terbuat dari plat yang lebih tipis
  • Memiliki sistem AC yang cukup baik, cukup dingin jika digunakan untuk saat ini
  • Harga beli yang murah
  • Civic Wonder sangat mudah untuk dimodifikasi untuk menjadi jauh lebih modis
Kekurangan
  • Cat mobil ini kebanyakan sudah kusam dan waktunya di repaint (dicat ulang)
  • Sistem audio perlu dimodifikasi, atau jika dilengkapi dengan GPS bisa tambah seru
  • Harus memperhatikan dengan ekstra kondisi mesin, maklum mobil lawas

    ( Copas dari berbagai Sumber )



SentraClix Blog Advertising

5 komentar:

  1. Berapa gan kapasitas tangki bensinnya civic wonder?

    BalasHapus
  2. Berapa gan kapasitas tangki bensinnya civic wonder?

    BalasHapus