Selasa, 31 Mei 2011

DIY USB to RS232 Adapter

 
Kadang-kadang kita perlu menghubungkan perangkat dengan port COM, tetapi kadang komputer tidak memiliki satupun terutama laptop. Ada dua cara untuk masalah ini, pergi dan membeli USB adaptor COM atau membuatnya. Jika Anda memutuskan untuk membuat USB ke COM (RS232) adaptor, ada salah satu solusi. Adaptor ini sangat mudah untuk
membuatnya karena ada chip tunggal USB untuk menjembatani UART (CP2102) yang digunakan. Chip mendukung kecepatan Silicon Labs USB2.0 penuh, Resistor internal diperlukan untuk antarmuka USB, jam terintegrasi, EEPROM 1024-byte internal untuk ID vendor, nomor ID Produk seri, deskripsi daya dan informasi lainnya. SP2102 USART mendukung sebagian/ hampir semua fitur standar komunikasi RS232 termasuk handshaking, Databits (5, 6, 7 dan 8); 1 atau 2 bit berhenti;  baud rate dari 300bps ke 1Mbits. Perangkat ini didukung dari port USB dan membutuhkan sekitar 10mA. Driver Chip memungkinkan untuk menghubungkan adaptor ini untuk sebagian besar sistem operasi seperti Win98, Win2000, WinXP, Linux.

Seperti  Anda lihat tingkat sinyal dari TTL ke RS232 diubah melalui chip MAX3243 dari Texas Instruments. Chip ini mengkonversi semua sinyal tersedia: DSR, DTR, RTS, CTS, RI, DCD, RXD dan TXD.

Lebih baik untuk membuat papan bersisi ganda ( dobel layer )ini memungkinkan untuk meminimalkan ukuran adaptor.

Untuk membuat , download driver untuk sistem operasi Anda (Quick driver untuk WIN2000_WIN2003_XP, Linux, Win98SE, OS_MAC). Kemudian ekstrak di suatu tempat. Setelah terhubung, adaptor ke port USB dan tunggu sampai sistem akan meminta driver. Browse ke lokasi driver yang diekstrak dan biarkan instalasi selesai. Bila perangkat siap indikator LED harus menyala ON.




SentraClix Blog Advertising

0 komentar:

Poskan Komentar