Sabtu, 14 Maret 2009

BUTA AKSARA

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos dalam acara penutupan Program Layanan Masyarakat Pemberantasan Buta Aksara (PLM-PBA), Kamis (22/1). Di Gunungkidul sendiri pada tahun 2005 angka buta aksara mencapai 47.000 orang, sedang tahun 2008 telah tergarap 27.556 orang, sehingga sisa garapan untuk tahun 2009 mencapai 11.637 orang.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Bupati Gunungkidul mengungkapkan bahwa untuk meningkatan kualitas hidup masyarakat salah satu syaratnya adalah harus melek huruf. Sedangkan masalah pendidikan khususnya buta aksara bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja melainkan menjadi tanggung jawab semua. Untuk itu Gunungkidul sering bekerjasama dengan instistusi pendidikan seperti UGM, UNY dan UAD serta stakeholder yang lain untuk melaksanakan program pemkab dalam mengentaskan Gunungkidul dari buta aksara. Diakui oleh Bupati bahwa angka buta aksara di Gunungkidul masih cukup tinggi. Diharapkan agar kerjasama yang sudah terjalin dapat diteruskan.

Sedangkan ketua pelaksana PLM-PBA Dra Wiwin Widyawati Rahayu, MHum mengatakan bahwa pengentasan buta aksara merupakan faktor penting bagi program lainnya seperti pengentasan kemiskinan, perdamaian, pengurunan angka kematian ibu dan bayi, dan yang lainnya. Sehingga sejak tahun 2006, program pengentasan buta aksara menjadi bagian dalam KKN mahasiswa UGM. PLM-PBA tahun 2008 dilaksanakan muali 1 Nopember 2008 sampai dengan 22 Januari 2009 dengan melibatkan 9 dosen, 134 mahasiswa tutor, dan 1000 tutor lokal. Serta dilaksanakan di DIY dan Jateng, yaitu di Gunungkidul, Bantul, Purbalingga dan Wonosobo, yang terdiri atas 15 kecamatan. Target yang dicapai 11.194 sasaran dari 10.000 target yang ditetapkan.

Acara penutupan PLM-PBA tersebut dihadiri oleh sekretaris LPM UGM Dr R Wisnu Nurcahyo, Kepala Pusat Pendidikan Nonformal dan Informal Regional II Semarang Dr H Ade Kusmiadi MPd, perwakilan dari Diknas Propinsi DIY, Dinas Pendidikan Gunungkidul, Camat tempat dilaksanakannya program, mahasiswa tutor, tutor lokal, dan peserta (warga belajar). Dan diakhiri dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada masing-masing elemen PLM-PBA.

sumber : http://www.gunungkidulkab.go.id



SentraClix Blog Advertising

0 komentar:

Poskan Komentar